Selasa, 28 Oktober 2008

TiPs Ngerawat si anak Kucing (Kitten)


Merawat anak kucing memang perlu kesabaran dan perhatian yang extra hal ini dikarenakan anak kucing masih sangat sensitif dengan lingkungan luar.
ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan :
1. untuk 2 hari pertama pasca kelahiran Pada saat kitten berumur 2 hari, para pemilik harus benar - benar waspada terhadap kondisi kitten, hal ini dikarenakan zat antibodi pada anak kucing belum maksimal. Bisa dikatakan saat-saat ini adalah saat-saat yang kritis bagi anak kucing. Usahakan sang induk dapat menyusui anaknya, hal ini dikarenakan kitten sangat membutuhkan kolostrum (zat antibodi) yang terdapat dalam susu induknya. Jika sang induk belum mampu menyusui maka hendaknya pemilik memberikan susu kucing replacement (bisa dibeli di petshop, tapi ingat yang mengandung kolostrum!!). Berikan susu replacementnya setiap 2 jam sekali.
2. Kitten Berumur 1 - 3 minggu Pada saat berumur 1 minggu tali pusar kitten sudah mulai lepas sehingga kitten sudah jarang "menangis" pastikan besar dan berat tubuhnya mengalami perubahan yang signifikan. Pada umur ini mata anak kucing dan telinga mulai terbuka sedikit. Pada umur ini anak kucing bisa dikatakan sudah melewati masa kritis. Bagi pemilik jangan beri apapun pada anak kucing, jikalau induk sudah mampu mengurus bayinya sendiri, hal ini dilakukan agar induk kucing bisa menggunakan insting nya dalam merawat anaknya.
3. Kitten berumur 1 bulanPada saat berumur 1 bulan Kitten bisa dikatakan "SELAMAT" dan bisa bertahan sampai dewasa, pada saat ini kitten sudah dapat berjalan dan berlari, bahkan sudah mulai bisa diajak bermain, rangsanglah gerak kitten dengan mengajaknya bermain. ajarkan kitten untuk buang hajat pada tempat yang seharusnya.
4. Kitten berumur 2 bulan Pada umur ini berikan makanan kucing merk IAMs atau Science diet>.Pada saat ini kucing masih butuh banyak nutrisi untuk masa pertumbuhan.Faktor makanan sangat mempengaruhi bentuk tubuh dan bulu kucing. berikan vitamin bila perlu

Tidak ada komentar:

Jual Kandang kucing 60x80x60

Jual Kandang kucing 60x80x60
Rp 500 ribu