Rabu, 08 Oktober 2008

Scottish Fold


Unik dan manja. Kesan itu muncul saat Trubus melihat Scottish Fold di Patumthani, Thailand, pada awal 2007. Tubuhnya tampak gempal. Yang menarik kupingnya mungil sehingga mirip burung hantu. 'Suaranya nyaris tak terdengar saat merayu utk mengajak bermain, ujar Pay, kolektor di sana.
Di penghujung 2006, selembar foto scottish dari kolega diAmerika Serikat mendorong Pay membeli kucing asal Skotlandia itu. Kucing itu manja dan senang digendong, ujar Pay, putra sulung Anant Kulchaiwatna, pemilik nurseri adenium di Thailand.
Selain manja, kuping mungil scottish disukai Pay. 'Berbeda dengan jenis bulu pendek lain. Kupingnya seperti kuping burung hantu,' tambah Pay. Demikian pula wajah dan bola mata yang bulat membuatnya tambah mirip dengan binatang kesayangan bintang fiksi Harry Potter itu.
Sosok bak burung hantu akan terlihat menginjak umur 4 bulan. Kurang dari umur itu kupingnya normal, lurus. Namun, tidak 100% anak scottish akan bertelinga mungil. Berdasarkan penelitian Konsulat Perkumpulan Pencinta Kucing di Inggris, dari 76 anak sebanyak 42 ekor didapati berdarah murni scottish fold. Sisanya bertelinga lurus seperti british shorthair.
Menurut Rita Rustiani scottish bakal menjadi incaran hobiis tanahair. 'Kucing unik itu pasti disukai di sini. Apalagi ia berbulu pendek,' ujar pemilik Kitada Cattery di Bandung itu. Beralasan, sejak pertengahan 2007, kucing bulu pendek naik daun.
Itu lantaran perawatannya mudah daripada jenis bulu panjang. Harga seekor scottish dewasa lumayan mahal. Di sebuah cattery di Amerika Serikat nilainya mencapai Rp10-juta-Rp20-juta/ekor.

Sumber :
http://www.trubus-online.co.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=&artid=1123

Berita lain : http://www.pictures-of-cats.org/scottish-fold.html

Tidak ada komentar:

Jual Kandang kucing 60x80x60

Jual Kandang kucing 60x80x60
Rp 500 ribu