Minggu, 05 Oktober 2008

Nemu Kitten

Pagi itu gw menemukan Kitten Black Tabby didekat pagar kantor, si Tabby (nama sementara) dari pagi sendirian saja tanpa induknya, di cariin induknya di sekitar kantor ga ada, ya udah gw tinggal kali aja nanti siang pas istirahat mungkin ada induknya. Pas jam istirahat gw memang sengaja bw kamera digital utk foto si Tabby, cuma mo sharing sama KK (Kucing Kita.com) dan jujur aja gw kasihan dan tertarik untuk adopt si Tabby, tapi... "dengan catatan tidak ada induknya", ternyata benar induknya tidak ada, aku foto si Tabby lalu aku Upload ke KK untuk minta pendapatnya dengan harapan klo nanti sore induknya ga datang gw bisa adopt dia, dan tentu saja memberikan yg terbaik utk si Tabby Sore harinya ternyata mendung membawa hujan yg cukup deras, gw langsung inget klo si si Tabby mungkin masih di Taman dan induknya ga datang, dgn cepat gw lari ke lantai dasar lalu menuju taman dengan meninggalkan sejuta pertanyaan temen sekantor gw.
"ngapain tuh anak tiba2 ngibrit ke Taman???..."
"Oooo... mungkin angkat jemuran!..." kata temen gw yg lain
Ternyata bener aja Induknya si Tabby ga datang dan dia sendirian kedinginan karena kehujanan, segera gw angkat si Tabby ke Pos dan gw lap pakai kain kering dan gw letakkan dalam kardus, dia dah mulai tenang tadi dia teriak kenceng banget, mungkin karena kedinginan. Setelah hujan reda akhirnya si Tabby gw bawa pulang dan di sambut istri dan ke 3 kucingku.

thanks banget untuk maminya_paco yang sudah ngasih tip yg bermanfaat untuk perkembangan si Tabby,
berikut tips nya :
Yang perlu diperhatikan saat mengambil kitten dari jalanan adalah:
1.byasanya kondisinya buruk, kalo bukan buruk sekali.. jadi wajib dipisah dari kucing2 d rmh, at least pisah ruangan. krn bahaya kalo penyakitnya menular. aku bbrp kali kena wabah gara2 niat nolong kucing terlantar yg bawa penyakit.
2.bersihkan kitten temuan dgn sangat seksama.. 99% pasti ada kutunya, mungkin juga jamur, belum lagi cacing dan parasit lain. kalo kondisinya kira2 buruk atau terlalu kecil, dibersihkan pake air hangat lalu dikeringkan pake kanebo. kalo cukup fit sih sebaiknya dimandikan, dengan sampo utk kutu dan jamur
3. segera kasi makan yg bnyk, jgn lupa vitamin. byasanya kalo aku pertolongan pertama utk kitten aku kasi madu, lalu susu, bisa kasi susu yg tanpa laktosa, lalu makanan basah, atau makanan kering yg dibuat bubur, ikan rebus jg blh. setelah itu kasi vitamin utk daya tahan tubuhnya. kalo kittennya masi usia menyusui, kasi aja susu pake dot atau pipet atau spet, tp saya pribadi lebih suka pake sedotan ingus bayi yg ujungnya dari karet dan kecil.
4. pastikan kitten berada di tempat yang hangat. minimal sekali dibungkus handuk. tapi kalo bisa si dikasi lampu, lampu belajar gitu jg blh.
5. stlh bbrp hari kasi obat cacing
6. kucing insya Allah mulai kuat, maka bisa dimulai dgn treatment selanjutnya seperti membersihkan kutu, mengobati jamur, dll
7.kitten sehat siap bermain bersama kucing lain

Thanks untuk Kucing kita.com & sekali lagi thanks banget untuk maminya_paco infonya
Berikut Forum di Kucing kita.com :

Tidak ada komentar:

Jual Kandang kucing 60x80x60

Jual Kandang kucing 60x80x60
Rp 500 ribu